Profil PD Smanam

Sekretariat PD SmanamSekretariat PD Smanam

Kelatnas Indonesia Perisai Diri unit SMA Negeri 6 Surabaya (PD SMANAM) merupakan salah satu unit Kelatnas Indonesia cabang Surabaya. Di lingkungan SMA Negeri 6 Surabaya sendiri, PD SMANAM merupakan salah satu ekstrakulikuler yang berada di bawah naungan instansi pendidikan SMA Negeri 6 Surabaya. berdasarkan sejarah yang ada, PD SMANAM didirikan pada tahun 1972 oleh Bapak Bambang Sutanto dan Bapak Ir. T. Keng Lin. Sekretariat PD SMANAM berada di lingkungan SMA Negeri 6 Surabaya yang beralamatkan Jl. Gubernur Suryo 11 Surabaya. Sekretariat PD SMANAM berada di lantai 2 dekat pintu gerbang SMA Negeri 6 Surabaya. Di dalam sekretariat inilah segala ide – ide kreatif dari para anggota PD SMANAM muncul yang mewujudkan berbagai macam kegiatan yang positif. Saat ini kegiatan kepelatihan PD SMANAM dipegang oleh beberapa pelatih yang tergabung dalam Dewan Pelatih PD SMANAM Surabaya. Dewan Pelatih tersebut antara lain, Mas Nununk (Penanggung Jawab Teknik), Mas Yayan (Koordinator Dewan Pelatih), Mbak Nining (Anggota Dewan Pelatih), Mas Dimas (Anggota Dewan Pelatih), Mas Medi (Anggota Dewan Pelatih), Mas Zaza (Anggota Dewan Pelatih), Mas Chikud (Anggota Dewan Pelatih), Mas Bejo (Anggota Dewan Pelatih) dan Mas Bonang (Anggota Dewan Pelatih).

Sebagai organisasi bela diri, PD SMANAM memiliki beberapa tujuan, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas IQ para anggotanya
  2. Meningkatkan kualitas jiwa dan raga para anggotanya
  3. Meningkatkan rasa kekeluargaan diantara sesama anggotanya
  4. Mengembangkan Budaya Bangsa Indonesia, yaitu Silat

Secara garis besar, dengan seseorang berlatih silat Perisai Diri maka orang tersebut akan dapat meningkat IQ-nya. hal ini dikarenakan dalam Perisai Diri terdapat materi kurikulum Serang Hindar yang mana dalam melakukan Serang Hindar, seseorang dituntut tidak hanya menggunakan fisik saja, melainkan kecerdasan berpikirnya. Dengan juga seseorang berlatih silat Perisai Diri, tentu saja dapat menyehatkan jiwa dan raganya, karena secara otomatis silat Perisai Diri merupakan salah satu cabang olah raga. Faktor yang dapat menyehatkan juga didapat karena silat Perisai Diri dalam perlakuannya sesuai dengan anatomi tubuh manusia, sehingga tidak merusak tapi malah menyehatkan. Sesuai dengan asas yang dibawa Perisai Diri, yaitu asas kekeluargaan, maka dengan mengikuti silat Perisai Diri dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, serta sebagai salah satu budaya bangsa, yaitu silat, seseorang yang mengikuti silat Perisai Diri secara otomatis mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Sekretariat PD SmanamSekretariat PD Smanam

Guna mencapai tujuan – tujuan di atas, PD SMANAM memprogramkan berbagai macam kegiatan setiap tahunnya, antara lain, Latihan Rutin, LAPD (Latihan Alam Perisai Diri), LATBER (Latihan Bersama), Organization and Motivation Training, UKT (Ujian Kenaikan Tingkat), Buka Bersama, Halal Bi Halal, Touring, dsb. Latihan Rutin merupakan kegiatan wajib bagi seluruh anggota Perisai Diri, terutama dalam hal ini PD SMANAM. Dalam kegiatan ini, seluruh peserta latihan diberikan materi dari mulai Hening hingga Serang Hindar. LAPD merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk membekali para anggota baru dengan materi – materi khas PD SMANAM, sehingga para anggota baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan PD SMANAM. Kegiatan LATBER merupakan kegiatan latihan bersama antara PD SMANAM dengan anggota – anggota Perisai Diri dari berbagai unit dan ranting. selain LATBER, kegiatan yang menginteraksikan anggota PD SMANAM dengan anggota – anggota Perisai Diri lainnya adalah UKT. UKT merupakan program dari Perisai Diri yang merupakan kegiatan bagi seluruh anggota Perisai Diri untuk menambah tingkatan masing – masing anggota. Organisational and Motivation Training juga merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk membekali para anggota PD SMANAM dengan berbagai ilmu pengetahuan tentang organisasi, yang mana diharapkan organisasi PD SMANAM dapat berkembang dan para anggotanya mampu untuk hidup bermasyarakat. Untuk kegiatan – kegiatan lainnya merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi diantara sesama anggota, baik yang sudah menjadi alumni SMA Negeri 6 Surabaya maupun yang masih menjadi siswa SMA Negeri 6 Surabaya.

Sejak awal berdiri hingga sekarang, PD SMANAM sangat menjunjung tinggi asas PERISAI DIRI, yaitu asas KEKELUARGAAN. Dengan berdasar asas tersebut PD SMANAM dapat bertahan di era globalisasi ini, dimana teknologi semakin berkembang pesat dan pergaulan semakin bebas. PD SMANAM mengaplikasikan asas KEKELUARGAAN tersebut dengan cara sebagai seorang kakak (senior) harus bertanggung jawab atas perkembangan adiknya (junior) dan sebagai seorang adik (junior) harus mampu membuat bangga seorang kakaknya dengan menunjukkan bahwa dirinya “bisa”. Format seperti ini membuat suatu hirarki tidak perlu lagi ditanamkan lagi secara serius, melainkan setiap anggota PD SMANAM akan merasa dengan sendirinya dengan menghormati yang lebih tua dan bertanggung jawab mendidik yang lebih muda.

Sekretariat PD SmanamSekretariat PD Smanam

Salah satu hasil dari asas KEKELUARGAAN ini adalah dengan terbentuknya FORSILAT PD SMANAM SURABAYA, yaitu Forum Silaturahmi Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri SMA Negeri 6 Surabaya. FORSILAT ini dibentuk pada tahun 2008, yang diketuai oleh Mas Fariz (Alumni SMA Negeri 6 Surabaya tahun 2000). FORSILAT ini merupakan suatu wadah untuk menghimpun seluruh anggota PD SMANAM yang telah menjadi alumni SMA Negeri 6 Surabaya. Selain itu, FORSILAT ini dibentuk agar seluruh anggota PD SMANAM yang telah menjadi alumni SMA Negeri 6 Surabaya dapat terus aktif mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan PD SMANAM. Hingga kini banyak sekali peran dan bantuan yang diberikan oleh FORSILAT PD SMANAM bagi PD SMANAM sendiri, salah satunya adalah menjadi sumber donatur agi kegiatan – kegiatan yang diprogramkan PD SMANAM.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini PD SMANAM juga telah memiliki jaringan social networking berupa FACEBOOK, TWITTER dan WEB BLOG. Segal informasi mengenai PD SMANAM dapat dilihat pada jaringan – jaringan tersebut. Hingga kini PD SMANAM masih mendedikasikan dirinya untuk membangun generasi – generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dari segi Raga, Jiwa, Agama maupun Ilmu Pengetahuan.

%d bloggers like this: