BULAN PeDeS 1st Edition (25.12.2011)

Perisai Diri Terhadap Pendidikan

(Teknik Perisai Diri)

Salah satu ciri khas dari Perisai Diri, sekaligus yang membedakan dengan cabang Pencak Silat lainnya, adalah penggunaan Teknik dalam metode berlatihnya. Secara bahasa, Teknik berarti cara membuat sesuatu. Membuat jadi sesuatu hal tidak terpaku pada satu macam cara, banyak cara dapat digunakan. Lain halnya dengan Jurus, yang secara bahasa berarti arah lurus (menjurus : mengarah / menuju). Secara analogi, pemakaian jurus seperti halnya sebuah angkutan kota yang memiliki jurusannya sendiri – sendiri, sehingga kemana tujuannya, dimana tempatnya, siapa penumpangnya, hingga bagaimana jalurnya sudah ditentukan. Apa pun yang terjadi, angkutan kota tersebut wajib menuju ke arah tujuan yang sudah ditentukan, “mangkal” pada tempatnya, mengangkut penumpang yang ingin menuju rute yang dituju angkutan kota tersebut dan mengikuti rute yang telah ditentukan baik dari awal beroperasi hingga akhir beroperasi. Analogi untuk Teknik yaitu Teknik adalah seperti halnya sebuah terminal yang menyediakan berbagai macam angkutan dengan berbagai macam jurusan, bergantung kemana tempat yang dituju oleh seorang penumpang. Sehingga sebuah Teknik mampu memberikan berbagai macam Jurus yang tiada habisnya, bergantung penggunaan terhadap apa yang dibutuhkan.

Seperti halnya di dunia pendidikan, dapat diambil contoh dari bidang matematika, yaitu berhitung. Untuk menghasilkan angka 1 (satu), dapat ditempuh dengan banyak persamaan, tidak harus menggunakan à 1+1=1. Contoh persamaan yang lain untuk menghasilkan angka 1 adalah 2-1=1; 1×1=1; 1/1=1; dsb. Begitu pula penggunaan Teknik dalam metode berlatih Perisai Diri. Dengan menggunakan Teknik, Perisai Diri memberikan pengetahuan mengenai ilmu bela diri silat secara luas dan fleksibel, bergantung pada fungsi dan peran yang dibutuhkan. Seorang pakar matematika, harus mencoba banyak persamaan untuk dapat membuktikan sebuah angka satu (1) dengan cara menuangkannya dalam bentuk tulisan maupun bentuk yang lainnya. Sama halnya dengan mempelajari Teknik dalam Perisai Diri, seorang Perisai Diri dapat membuktikan sebuah Teknik Perisai Diri jika dia mencoba Teknik tersebut. Dikarenakan Perisai Diri adalah suatu ilmu bela diri silat yang mewajibkan untuk bergerak dalam mempelajarinya, maka cara untuk mencoba Teknik tersebut adalah dengan melakukan gerak, yang sudah tentu gerak secara gerakan Perisai Diri. Gerak Teknik yang dilakukan tidak hanya dapat dilakukan secara ke kanan atau pun ke kiri, melainkan juga ke depan dan ke belakang, sehingga serang Perisai Diri mampu membuktikan Kebenaran Teknik yang dilakukannya, seperti halnya pakar matematika dalam usahanya membuktikan sebuah angka satu (1).

Dari analogi hingga pengertian secara umum mengenai Teknik dalam Perisai Diri yang telah di jelaskan di atas, maka dapat ditarik suatu benang merah antara apa yang diberikan Perisai Diri dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Dari segi penggunaan Teknik, Perisai Diri membantu para anggotanya untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kemampuan daya pikirnya. Sehingga sebagai seorang Perisai Diri ketika di luar Perisai Diri berperan sebagai pelajar atau mahasiswa yang dituntut untuk cepat dan tepat dalam menghadapi soal – soal pelajaran atau perkuliahan, bahkan sebagai pekerja atau orang tua yang dituntut untuk secara pandai dan bijaksana dalam menghadapi soal – soal kehidupan nyata menggunakan segenap daya pikirnya, seorang Perisai Diri tersebut akan memiliki kemampuan lebih dibanding dengan orang lain yang bukan Perisai Diri. Hal ini dikarenakan kebiasaannya dalam berlatih Teknik di Perisai Diri. Sehingga secara tidak langsung maupun langsung, Perisai Diri dapat membantu bahkan menunjang seseorang pada segala bentuk aktivitas pendidikannya di luar Perisai Diri, baik secara akademik maupun non-akademik.

Penulis

Nama : Yanuar Fauzuddin, SE, MM
Tmpt / Tgl Lahir : Surabaya, 03 Januari 1985
Tingkat Perisai Diri : Biru
Pekerjaan : Dosen Universitas Wijaya Putra
Contact
HP : 085648381705
E-Mail : yayan_melodic@yahoo.co.id
YM : yayan_melodic
FB : Yayan Melodic
Twitter : @yayan_melodic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: