Ziarah Makam Pak Dirdjo (2011)

Salah satu rutinitas tahunan yang sangat penting yang dilakukan oleh PD SMANAM adalah berziarah ke makam Guru Besar Perisai Diri, yaitu Bapak Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo (Pak Dirdjo). Seperti tahun – tahun sebelumnya, menjelang bulan puasa, seluruh anggota PD SMANAM secara berbondong – bondong berziarah ke makam Pak Dirdjo. Ziarah kali ini diikuti oleh anggota PD SMANAM kelas X, XI, dan para pelatih.

Ziarah dilakukan pada hari latihan selepas pulang sekolah. Seusai sekolah, seluruh anggota PD SMANAM berkumpul di sekretariat. Setelah itu secara bersama – sama berangkat menuju lokasi. Lokasi makam Pak Dirdjo berada di pemakaman umum jalan Ngagel. Posisi tepat makam Pak Dirdjo di dalam pemakaman berada di posisi belakang, yang terdapat sebuah bangunan pendopo sederhana.

Sesampainya di makam Pak Dirdjo, seluruh anggota PD SMANAM memanjatkan doa sesuai kepercayaan dan keyakinannya masing – masing. Rutinitas tahunan PD SMANAM ini (ziarah makam Pak Dirdjo), dilakukan sebagai bentuk bakti anak didik kepada gurunya dan bakti anak kepada orang tuanya. Selain itu, doa yang dikirimkan ke beliau memiliki harapan supaya sebagai anak didiknya dapat menyerap ilmu yang beliau ajarkan melalui Perisai Diri secara baik dan benar serta maksimal dan optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: