Ujian Kenaikan Tingkat Di SMA Negeri 19 Surabaya

Atas persetujuan Dewan Pendekar yang diketuai oleh Bapak Suparjono, maka diadakanlah Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Pada awalnya, UKT ini direncanakan untuk diadakan di SMA Negeri 6 Surabaya, tetapi berhubung terjadi beberapa hal yang tidak dapat dipublikasikan, maka UKT kali ini diadakan di SMA Negeri 19 Surabaya. UKT ini diadakan pada hari Minggu 23 Maret 2011, yang diikuti oleh hanya Perisai Diri unit SMA Negeri 19 Surabaya dan Perisai Diri unit SMA Negeri 6 Surabaya (PD SMANAM). Walaupun hanya diikuti oleh dua unit Perisai Diri, peserta UKT kali ini tidaklah sedikit. PD SMANAM menurunkan peserta UKT tingkat Dasar I dan tingkat Hijau. Acara UKT dilaksanakan di Aula dan lapangan SMA Negeri 19 Surabaya.

UKT kali ini dihadiri oleh beberapa penguji yang mana sebagiannya berasal dari PD SMANAM, yaitu Mas Fuad, Mas Indra, Mas Yayan, Mas Zaza dan Mas Nununk. Dihadiri pula oleh salah satu Pendekar, yaitu Bapak Bambang Sugiharto. Materi ujian kali ini dimulai dari ujian fisik, ujian teknik (tangan kosong dan senjata), ujian serang hindar, hingga bela diri. Ujian fisik sendiri dilakukan di lapangan, sedangkan materi ujian lainnya dilakukan di aula.

Sebelum memulai jalannya acara, seluruh peserta diberikan pengarahan, sehingga UKT dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Acara dimulai pukul 07.30 tepat, yang diawali dengan hening bersama dan peregangan. Selanjutnya ujian pun dimulai, seluruh peserta UKT menuju lapangan untuk melakukan ujian fisik. Ujian fisik berupa lari, push up, hingga kilat tendang T pun dijalani dengan penuh semangat. Udara pagi yang sejuk dan langit yang cerah menambah semangat pada hari itu.

Tidak diberikan kesempatan untuk beristirahat, peserta UKT pun melaksanakan ujian selanjutnya, yaitu ujian teknik hingga bela diri. Ujian ini dilakukan di aula yang dibagi menjadi beberapa pos. Para peserta ujian pun dengan semangat memperagakan teknik – teknik yang mereka kuasai. Peragaan teknik yang bertubu – tubi tidak membuat seluruh peserta UKT patah semangat. Keringat pun membasahi seragam kebanggaan mereka, kotor dan basahnya seragam mereka membuat kenangan tersendiri dihari itu.

Di akhir acara, seluruh peserta UKT berkumpul untuk makan siang bersama, lalu mendapat penjelasan mengenai Perisai Diri dari Bapak Bambang Sugiharto. Acara UKT pada hari itupun ditutup dengan hening bersama yang dipimpin langsung oleh Bapak Bambang Sugiharto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: