LAPD 2010

Tanggal 15 – 17 Oktober 2010 kemarin, kawan – kawan PD SMANAM kelas XII mengadakan kegiatan rutin tahunan PD SMANAM, yaitu Latihan Alam Perisai Diri (LAPD). Kegiatan itu diadakan di Wana Wisata Air Terjun Dlundung, Trawas-Mojokerto. LAPD tersebut dalam rangka memberikan Pendidikan dan Pelatihan singkat mengenai Perisai Diri pada umumnya dan PD SMANAM pada khususnya, kepada anggota baru PD SMANAM, siswa kelas X. Sudah menjadi program tahunan, bahwa anggota baru PD SMANAM yang masuk tiap tahunnya wajib mengikuti LAPD ini. Dalam LAPD, anggota baru PD SMANAM dikenalkan dengan bagaimana Perisai Diri dan PD SMANAM itu, mulai dari teori hingga simulasi laku. Penyelenggara LAPD 2010 ini adalah kawan – kawan PD SMANAM kelas XII, yaitu : Irvan, Yuli, Chusnul, Sebri, Yanitra, Bayu, Brantas, dkk. LAPD kali ini diikuti oleh sembilan orang peserta, yaitu : Denis, Dika, Doni, Fauzi, Gerry, Hafidz, IBE, Rifky dan Rafi. Materi yang diberikan dalam LAPD kali ini mulai dari teori dasar organisasi, teknik, outbond, hingga gemblengan mental. Dalam memberikan materi – materi tersebut, kawan – kawan PD SMANAM kelas XII dibantu oleh kakak – kakaknya yang sudah menjadi alumni dari SMA Negeri 6 Surabaya. Dalam LAPD kali ini dihadiri oleh banyak kakak – kakak alumni, baik dari yang masih kuliah hingga yang sudah memiliki keluarga. Yang menariknya lagi, LAPD kali ini juga dihadiri oleh kawan – kawan Perisai Diri dari unit lain, yaitu kawan – kawan dari Perisai Diri Unit Semen Gresik. Mereka membantu jalannya acara secara operasional. Ucapan banyak terima kasih kami berikan kepada mereka.

Seperti LAPD – LAPD di tahun – tahun sebelumnya, LAPD kali ini juga diawali oleh perjuangan para Pioner acara. Pioner bertugas untuk mensterilkan area yang akan digunakan untuk LAPD. Oleh karena itu, Pioner tersebut datang satu hari sebelum hari H. Perjuangan pioner LAPD 2010 saat itu sangat berat, karena sepanjang hari mereka menghadapi hujan yang tiada berhenti. Hanya beratapkan tenda dan beralas tikar, mereka berharap hujan cepat mereda, sehingga mereka dapat dengan segera melakukan tugasnya. Namun hujan tidak juga kunjung reda, hingga akhirnya mereka tertidur di atas tikar yang basah karena terkena air hujan yang mengguyur tanah. Kondisi hujan di malam hari menambah mencekamnya suasana hutan dan dinginnya hawa, sehingga mereka saling berpelukan satu sama lain untuk mengurangi dingin yang dirasa.

Hujan reda keesokan harinya, dan pioner bangun pagi – pagi dengan kondisi badan yang tidak karuan, karena semalam tidak mendapat kenyamanan. Bangun dari tidurnya tidak membuat pioner lengah dengan sejuk dan indahnya alam sekitar. Mereka bergegas melakukan tugasnya, yang sebenarnya dikerjakan satu hari, kini harus mereka kerjakan dalam waktu 9 jam, karena faktor cuaca dan sore harinya seluruh peserta  LAPD sudah datang. Dimulai di pukul 06.00, 15 Oktober 2010, pioner LAPD 2010 secara gotong royong melakukan tugasnya. Perlu diketahui, pioner LAPD kali ini adalah Mas Nununk, Mas Yayan, Mbak Nana, Mas Putra, Mbak Titis, Chusnul, Mas Aziz, Mas Yanuar, dan Sebri. Mereka secara sigap, tepat dan cepat mengerjakan tugas pioner, mulai dari mendirikan seluruh tenda hingga mensterilkan rute perjalanan di dalam hutan.

Sore pun datang, dan seluruh peserta LAPD 2010 hampir tiba di lokasi. Para pioner mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan seluruh peserta. Pioner bersiap siap di pintu masuk Wana Wisata Air Terjun, dan tidak lama kemudian rombongan datang dengan mengendarai truk AL (Angkatan Laut). Rombongan terdiri dari peserta LAPD, panitia, dan alumni. Pioner langsung mengawal peserta menuju basecamp, dan mempersilahkan panitia beserta alumni untuk mempersiapkan diri memberikan materi. Menuju basecamp tidaklah semudah yang dibayangkan, jalan tidak beraspal, melainkan jalan tanah berbatu yang licin karena hujan semalam, selain itu jalan menanjak. Sesampainya di basecamp, penanganan peserta dialihkan kepada panitia, dan dimulailah acara LAPD 2010.

Acara hari pertama adalah Cek Logistik, Upacara Pembukaan, Pendirian Tenda Peserta, Makan Malam, Ibadah, dan Jelajah Malam. Dalam gelapnya malam, karena memang basecamp, hanya diterangi lampu ting (jawa: ublik), seluruh peserta LAPD 2010 melaksanakan acara demi acara di hari pertama ini dengan tertib, lancar dan aman. Hari pertama ini selain menjadi awal acara juga menjadi klimaks dari gemblengan – gemblengan mental para peserta, mulai dari padatnya acara hingga tidak ada waktu sedetik pun untuk beristirahat. Selesai acara pada hari pertama, langsung dilanjutkan dengan acara di hari kedua, dengan hanya beberapa menit saja waktu untuk beristirahat. Acara di hari kedua yaitu, latihan teknik, diskusi, outbond hingga malam api unggun. Latihan teknik dipimpin langsung oleh Mas Nununk sebagai penanggung jawab teknik. Dalam acara diskusi, materi yang diangkat adalah organisasi dan perisai diri. Dalam outbond sendiri diberikan materi mulai dari ketangkasan hingga kerjasama. Yang kemudian acara hari kedua ditutup dengan acara api unggun. Di dalam acara api unggun, ditampilkan kreatifitas – kreatifitas secara spontanitas dari seluruh peserta LAPD. Acara hari kedua pun ditutup dengan istirahat. Seluruh peserta LAPD 2010 pun tertidur pulas, setelah dua hari lamanya tidak beristirahat secara penuh, walaupun masih ada beberapa yang begadang dimalam itu.

Hari terakhir, masih terdapat satu acara penutupan, yaitu pengesahan anggota baru. Acara ini dilakukan di sepanjang aliran sungai air terjun. Setelah mendapatkan materi selama dua hari, diharapkan peserta LAPD 2010, yang merupakan anggota baru PD SMANAM dapat menjadi generasi penerus yang bermental baja dan dapat bermanfaat bagi sesamanya. Setelah berbasah – basah ria, seluruh peserta LAPD pun segera membersihkan diri dan berbenah, karena pada hari itu juga mereka harus kembali ke Surabaya dan menjalankan rutinitasnya sehari – hari. Tepat disore hari seluruh peserta LAPD 2010 meninggalkan tempat berlangsungnya LAPD 2010 dengan diiringi hujan gerimis. Semoga segala yang didapat dari LAPD 2010 ini merupakan hal yang bermanfaat, AAMIIN…

PD SMANAM… JOOZZZ…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: