Peresmian Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting Bringin Surabaya dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Tingkat Dasar I – Tingkat Hijau Biru

Pada hari Minggu, 22 Januari 2012, diadakan peresmian Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Ranting Bringin Surabaya (Perisai Diri Ranting Bringin Surabaya), yang dimeriahkan dengan acara Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Tingkat Dasar I – Tingkat Hijau Biru. Kegiatan dilakukan di Pendopo Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep, Benowo, Surabaya. Perisai Diri Ranting Bringin ini didirikan dan dirintis oleh Bapak Dwi Fariadi, S.Pd (Pak Dwi) sejak awal tahun 2011. Pak Dwi sendiri saat ini menduduki Tingkat Biru di Perisai Diri. Setelah selama satu tahun merintis keberadaan Perisai Diri di kelurahan Bringin, maka pada hari minggu kemarin dilakukan peresmian oleh Pengurus Pusat Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri.

UKT diikuti oleh anggota Perisai Diri SMA Negeri 6 Surabaya, Perisai Diri SMA Semen Gresik, dan Perisai Diri Ranting Bringin itu sendiri. Kegiatan di hari Minggu kala itu diawali dengan UKT, dengan materi Ujian Fisik, yaitu lari mengelilingi wilayah Kelurahan Bringin. Dengan semangat perjuangan 1945, seluruh peserta UKT berangkat secara beriringan, diawali dari peserta Tingkat Dasar I diikuti oleh peserta Tingkat selanjutnya. Selama Ujian Fisik Lari, peserta ujian dikawal oleh Tim Penguji, guna keamanan dan ketertiban jalannya kegiatan. Tidak lama waktu berselang, satu persatu peserta ujian kembali memasuki basecamp UKT, yaitu di Kelurahan Bringin. Sembari menunggu peserta lain yang masih menempuh perjalanan, peserta yang tiba terlebih dahulu mengistirahatkan diri sejenak untuk menormalisasikan nafas.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan teknik oleh Mas Yayan. Diawali oleh pembekalan teknik untuk Tingkat Dasar I dan Dasar II, dilanjutkan untuk Tingkat Cakel keatas. Sembari menunggu kedatangan para Pendekar, seluruh peserta ujian diberikan pengarahan oleh Mas Johan.

Tidak lama waktu berselang, para Pendekar Perisai Diri pun tiba, yaitu Bapak Bambang Rachman Sugiharto, SH (Pak Bambang) dan Bapak Hari Purwanto (Pak Hari). Beliau – beliau tersebut juga merupakan Pengurus Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri. Pak Bambang dan Pak Hari merupakan Ketua dan Sekretaris Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Cabang Surabaya. Kedatangan beliau – beliau langsung dilanjutkan dengan Ujian Teknik. Untuk Tingkat Dasar I dan Dasar II dipimpin oleh Pak Bambang, sedangkan Tingkat Cakel keatas dipimpin oleh Pak Hari.

Seluruh rangkaian ujian telah selesai dilaksanakan, tanpa mengulur waktu, acara pun langsung dilanjutkan dengan acara peresmian Perisai Diri Ranting Bringin. Dalam acara peresmian ini dilangsungkan juga pengukuhan Pengurus Perisai Diri Ranting Bringin, yang mana dikukuhkan saudara Hari sebagai Ketua Umum, Saudara Nur Komari sebagai Penasehat, Saudara Dwi Fariadi, S.Pd sebagai Penanggung Jawab Teknik, dan Saudara Johan Surya, S.Pd sebagai Pelatih. Peresmian dan pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua Paguyuban Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Cabang Surabaya, yaitu Bapak Bambang Rachman Sugiharto, SH. Dalam acara tersebut sekaligus diumumkan kelulusan peserta UKT, yang mana telah diumumkan bahwa seluruh peserta UKT hari itu dinyatakan lulus dan berhak menduduki tingkat selanjutnya. Selain itu diumumkan juga peserta terbaik dalam UKT kali ini. Telah diumumkan dua peserta UKT terbaik, satu peserta berasal dari Perisai Diri Ranting Bringin, dan satu lagi dari Perisai Diri SMA Negeri 6 Surabaya yang bernama Inaz Nabila Fauziah. Sebagai simbolis penghargaan, dilakukan penyematan pin bergambar Guru Besar Perisai Diri, yaitu Bapak Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo, oleh Pak Hari Purwanto.

Acara pada hari itu ditutup dengan doa dan foto bersama seluruh peserta UKT. Berikut akan ditampilkan foto – foto rangkaian acara beserta para personil.

8 Comments (+add yours?)

  1. eko
    May 07, 2012 @ 07:24:30

    mas, mohon penjelasannya. apa itu paguyuban perisai diri? apakah tetap dibawah naungan PD Pusat? salam bunga sepasang

    Reply

    • pdsmanam
      Jun 04, 2012 @ 09:32:45

      Salam Bunga Sepasang,
      Untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan ke bapak2 dewan pendekar di Jl. Penjaringan Asri PS I-J No.39 Surabaya (kediaman Bpk Soeparjono). Karena penjelasan via non audio visual kurang memberikan pemahaman scra jelas, mhon maaf sebelumnya. :)

      Reply

  2. PD SMANAM 1986
    Aug 14, 2012 @ 19:54:42

    Mas Eko, Paguyuban punya AD ART sendiri, dan baru berdiri .coba cek di media masa koran Surabaya, 2010.
    Jadi JELAS-JELAS paguyuban TIDAK dibawah Naungan PERISAI DIRI PUSAT.

    Reply

    • pdsmanam
      Sep 19, 2012 @ 23:15:24

      Wah ini Mas/Pak Nur Cholis yg di Jakarta ya… Saya pernah denger dari Mas Nununk, katanya beliau pernah ketemu waktu meninggalnya almarhum Pak Rudy. Jgn lupa visit FB nya PD Smanam Mas/Pak Cholis…

      Reply

  3. alumnipdsmanam
    Oct 04, 2012 @ 21:52:15

    Kasihan adik2 ku.. Pak Dirdjo pasti menangis di alam sana.. Semoga para senior menyadari kesalahannya..

    Reply

  4. kelurga perisai diri
    Oct 15, 2012 @ 11:19:25

    masak sih ada 2 perguruan silat yang sama persis nama pendiri, nama tehnik, nama lambang, bahkan tehniknya, juga filosofinya. biarlah apa yang di wariskan pak Dirdjo dengan Kelatnas Indonesia Perisai diri nya tetap abadi sebagai satu kesatuan perguruan yang besar. pak dirdjo pasti sedih jika melihat anak didiknya yang dulu berlatih bersama membesarkan nama Perisai diri harus berpisah hanya karna ego.

    Reply

    • pdsmanam
      Nov 04, 2012 @ 11:31:25

      Sekali lagi tidak ada yg namanya perpisahan, anda sendiri juga mengatakannya. Karena sesungguhnya Perisai Diri itu milik RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, bukan milik siapapun.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: